Keunggulan Toyota Raize

Keunggulan dan Kekurangan Toyota Raize

Kehadiran Toyota Raize sendiri berhasil mendapat sambutan yang luar biasa dari konsumen. Hal ini dibuktikan dengan panjangnya antrean inden untuk varian-varian tertentu.

Nah, bagi Anda yang juga tengah berencana untuk memilikinya, mari ketahui dulu keunggulan dan kekurangan Toyota Raize.

Keunggulan Toyota Raize

Perlu ditegaskan, pembahasan mengenai keunggulan dan kekurangan Toyota Raize ini akan lebih banyak mengacu pada varian tertingginya, yaitu 1.0T GR CVT TSS Two Tone karena dianggap punya fitur paling lengkap.

Fitur Keselamatan Aktif Canggih

Jauh sebelum resmi mengaspal di Indonesia, Toyota Raize sudah disebut-sebut akan memiliki banyak fitur keselamatan aktif yang cukup canggih. Hal itu terbukti benar adanya setelah pabrikan mengumumkan Toyota Raize dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS).

Pada intinya keberadaan TSS ditujukan untuk membantu pengemudi berkendara dengan lebih aman memanfaatkan beberapa fungsi yang terdapat di dalamnya. Mulai dari pre-collision system, adaptive cruise control, lane departure alert with steering control, rear cross traffic alert, blind spot monitor, dan pedal misoperation control.

Setiap fungsi memiliki tugasnya masing-masing. Salah satu yang paling canggih adalah lane departure alert. Fungsi ini akan memberi peringatan saat mobil keluar lajur, bahkan sampai melakukan koreksi arah kemudi pada situasi-situasi tertentu.

Adaptive Cruise Control

Walau termasuk ke dalam TSS, tapi keberadaan adaptive cruise control rasanya pantas mendapat sorotan tersendiri.

Sebab Toyota Raize bisa dibilang pionir penggunaan fitur ini untuk mobil di bawah Rp300 juta. Rival lainnya seperti Nissan Magnite dan Kia Sonet memang sudah menggunakan cruise control, tapi belum adaptive.

Adaptive cruise control itu sendiri adalah pengembangan dari cruise control yang selama ini sudah dikenal luas. Fitur ini mampu membaca keberadaan kendaraan di depan kemudian mengatur jarak aman. Pada Toyota Raize, adaptive cruise control baru bisa bekerja di kecepatan 30 km/jam.

Hal yang perlu diketahui calon pemilik adalah fitur ini tidak efektif di kondisi lalu lintas padat atau cuaca berkabut.

Penyebabnya adalah keterbatasan kemampuan sensor kamera yang digunakannya. Maka itu pengemudi harus tetap waspada untuk berjaga-jaga apabila harus melakukan pengereman sendiri.

Penggunaan Pelek Berukuran Besar

Dilihat dari penampilannya, Toyota Raize mengusung gaya khas mobil SUV. Lekuk bodinya terlihat tegas sehingga memancarkan kesan yang maskulin. Apalagi hal tersebut juga ikut didukung penggunaan pelek berdiameter besar di kelasnya.

Lebar spesifikasi menunjukkan Toyota Raize tipe tertinggi menggunakan pelek berukuran 17 inci. Hal ini berbeda dengan mayoritas rivalnya yang memiliki kaki-kaki berukuran 16 inci.

Di mata kami, desain pelek Toyota Raize juga menjadi yang paling enak dilihat. Finishing dengan warna hitam sepenuhnya ikut menegaskan kesan tangguh mobil ini.

Tapi perlu diakui, untuk hal-hal yang berkaitan dengan desain memang dikembalikan lagi pada selera orang yang melihatnya.

Ground Clearance Cukup Tinggi

Konsep SUV kompak yang diusung oleh Toyota Raize ikut diterjemahkan lewat ground clearance yang jangkung. Menurut catatan, Toyota Raize memiliki jarak terendah ke permukaan jalan 200 mm.

Memang tak sejangkung Toyota Rush yang punya ground clearance 220 mm atau Mitsubishi Xpander Cross yang tingginya mencapai 225 mm. Tapi setidaknya ground clearance tersebut masih lebih tinggi dibanding milik Nissan Magnite yang hanya 186 mm.

Seperti diketahui, ground clearance yang jangkung akan terasa manfaatnya ketika mobil melewati medan jalan tidak rata. Hal ini juga menjadi faktor yang kerap dilihat seseorang ketika hendak membeli mobil terutama untuk jenis SUV.

Bagasi Luas dan Fleksibel

Masuk ke dalam segmen SUV kompak, otomatis dimensi bodi Toyota Raize juga tak terlalu besar. Tapi pabrikan berhasil memaksimalkan ruang yang tersedia untuk menciptakan bagasi dengan dimensi dan pengaturan yang patut diapresiasi.

Hal pertama yang kami suka adalah adanya pengaturan lantai bagasi bertingkat. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun dengan pengaturan ini saja pemilik sudah bisa dengan mudah menambah luas ruang bagasi sesuai kebutuhannya.

Poin kedua yang juga bisa dinilai sebagai keunggulan Toyota Raize ialah pelipatan jok belakang hampir rata dengan lantai. Beda dengan Nissan Magnite atau Kia Sonet (5-seater) yang memiliki gundukkan ketika bangku belakangnya dilipat.

Ban Cadangan Pakai Pelek Serupa

Ketika membeli Toyota Raize tentunya Anda juga akan mendapatkan ban cadangan yang tersimpan di lantai bagasi. Asyiknya, ban cadangan tersebut berukuran full size alias sama dengan yang sedang digunakan.

Bukan hanya itu, tapi peleknya juga serupa dengan keempat roda lainnya. Hal ini tidak akan Anda dapatkan jika memilih Nissan Magnite atau Kia Sonet karena ban cadangannya menggunakan pelek kaleng.

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
6 Type
Dilihat: 2034x
New Agya
2 Type
Dilihat: 1736x

Slide Model

26544
Visit Today : 26
Visit Yesterday : 18
This Month : 636
This Year : 9736
Who's Online : 2